BINA KELUARGA BALITA (BKB) ”MAWAR 4” BANTU WARGA DIDIK BALITA

BINA KELUARGA BALITA (BKB) ”MAWAR 4” BANTU WARGA DIDIK BALITA

Di Desa Sawangan Wetan, tepatnya di Wilayah Dusun II terdapat BKB (Bina Keluarga Balita) yang sudah terbentuk, dan beritegrasi dengan Posyandu dan Kelompok Bermain sejak Februari 2018 yang diberi nama BKB Mawar 4.

BKB merupakan suatu upaya atau kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan motorik, kecerdasan, sosial, emosional sera moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu atau anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

Dalam menjalankan kegiatannya, BKB mempunyai kepengurusan dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Kader Kelompok Umur, Kader Piket dan Kader Bantu. Sasaran dari BKB Mawar 4 yaitu anak/balita (usia nol sampai dengan lima tahun) yang berjumlah sekitar kurang lebih 80 anak. BKB diadakan setiap tanggal 9 setiap bulannya bersamaan dengan kegiatan Posyandu di wilayah tersebut.

Mula – mula ibu balita datang dan ditujukan untuk mengisi daftar hadir di posyandu, penimbangan balita oleh kader posyandu, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala kemudian mendapat PMT. Setelah itu ibu balita menuju meja kelompok umur sesuai dengan usia anak ibu balita tersebut.

Ibu balita mengisi daftar hadir kelompok umur dan diberikan pertanyaan oleh kader kelompok umur yang tertera di Kartu Kembang Anak (KKA) sesuai dengan usia (hitungan bulan) balitanya. Diharapkan balita sudah bisa melaksanakan yang ditanyakan sesuai KKA. Tetapi apabila belum bisa, ibu balita akan diberi penyuluhan / motivasi agar balitanya bisa berkembang sesuai dengan usianya.

Apabila terdapat balita yang beberapa bulan tidak mengalami perkembangan, dari BKB akan berkonsultasi dengan Bidan Desa untuk dirujuk ke puskesmas.

 

Foto terkait kegiatan BKB Mawar 4

         

BKB sangatlah bermanfaat :

  1. Bagi Orang Tua

      diantaranya :

  • Agar dapat mengurus dan merawat anak serta pandai membagi waktu dan mengasuh anak
  • Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar
  • Untuk meningkatkan keterampilan dalam hal mengasuh dan mendidik anak balitanya
  • Agar mampu mencurahkan perhatian dan kasih sayangnya terhadap anak sehingga tercipta ikatan batin yang kuat antara orang tua dan anak.
  • Agar mampu membentuk anak yang berkualitas.

     2. Bagi anak, diharapkan :

  • Bertaqwa kepada Alloh SWT
  • Berkepribadian yang baik dan luhur
  • Tumbuh dan berkembang secara optimal
  • Cerdas, trampil, dan sehat
  • Memiliki dasar kepribadian yang kuat dan guna perkembangan selanjutnya

Related Posts

Komentar